Jumat, 16 September 2016

Tata Ibadah Pelayanan Orang Dewasa



PERSIAPAN
Koord. Penyelenggara Ibadah :
: Marilah kita berdiri, kita memulaikan ibadah kita dengan menyanyi ( KJ No.4; 5; 7; 8; 19:1-3 )

TAHBISAN (Jemaat berdiri)
P : Pertolongan kepada kita adalah dalam nama TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi, yang tetap setia untuk selama-lamanya dan tidak meninggalkan perbuatan tangan-Nya. Amin.

SALAM (Jemaat berdiri)
P : Kiranya kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari TUHAN Yesus Kristus menyertai saudara-saudara.
J : Amin.

NYANYIAN MASUK (Jemaat berdiri)
P+J : Mzm 105:1,2,4 (atau KJ No.5:1; 13 PKJ No.258)

PENGAJARAN ( Jemaat Duduk )
Pelsus : Jemaat yang dikasihi Yesus Kristus, “Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.”
(Markus 16:16)
Yesus Kristus telah berkata kepada murid-murid-Nya: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman”.
(Matius 28:18 – 20)
Oleh sebab itu kita dibaptiskan dalam Nama ALLAH BAPA, ANAK dan ROH KUDUS.
Dibaptiskan DALAM NAMA BAPA menyatakan dan memeteraikan kepada kita, bahwa Allah Bapa mengadakan suatu Perjanjian anugerah yang kekal dengan kita dan anak-anak-kita dan mengakui kita dan anak-anak kita sebagai anak-anak-Nya.
Dibaptiskan DALAM NAMA ANAK memeteraikan kepada kita bahwa Yesus Kristus menyucikan anak-anak maupun orang dewasa oleh darah-Nya dari segala dosa, dan memasukkan mereka ke dalam persekutuan kematian-Nya dan kebangkitan-Nya. Dan dibaptiskan DALAM NAMA ROH KUDUS memeteraikan kepada kita, bahwa Roh Kudus hendak diam di dalam hati kita dan anak-anak kita agar supaya mereka berakar serta berdasar pada kasih. Di lain pihak baptisan itu mewajibkan kita unruk mengasihi Allah Bapa dan Anak dan Roh Kudus dengan segenap hati kita dan dengan segenap jiwa kita dan segenap kekuatan kita, bahkan untuk melayani seorang akan yang lain dalam kasih dan tidak menghambakan diri lagi pada dosa.
Pelsus+J : Menyanyi ( KJ No. 305:3 )
Pelsus : Dengarkanlah Injil yang di dalamnya tertulis, bahwa Yesus Kristus sendiri dibaptis oleh Yohanes Pembaptis: Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya. Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya: "Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yang datang kepadaku?" Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: "Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah." Dan Yohanes pun menuruti-Nya. Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan".
(Mat. 3:13 – 17; Mrk. 1 : 9 – 11; Luk. 3 : 21, 22; Yoh. 1 : 32 - 34)
Pelsus : Terpujilah Kristus,
J : Selamanya. Amin. (dinyanyikan)

DOA PERMOHONAN (Jemaat duduk)
P : TUHAN menyertai saudara-saudara,
J : Dan menyertai saudara juga.
P : Marilah kita berdoa : .........................………………………….

JANJI BAPTISAN (Orang tua dan orang tua Baptisan berdiri)
P : Jemaat yang dikasih Yesus Kristus, saudara-saudara telah mendengar, bahwa baptisan kudus telah ditetapkan oleh Yesus Kristus sebagai tanda dan meterai suatu Perjanjian Baru Allah dengan manusia; sebab itu patutlah kita memakai baptisan itu untuk maksud tersebut dan bukan karena kebiasaan atau kepercayaan tahyul.
Agar menjadi lebih nyata, bahwa saudara (-saudara) menghendaki yang demikian, maka saudara (-saudara) diundang untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berikut dengan tulus ikhlas :
1. Apakah saudara (-saudara) sesuai dengan pengakuan saudara (-saudara) bahwa sampai saat ini belum pernah dibaptis memohon pembaptisan diri sendiri dalam kepercayaan kepada Allah Bapa, yang Mahakuasa, Khalik langit dan bumi, dan kepada Yesus Kristus, Anak Allah yang Tunggal, TUHAN kita, dan kepada Roh Kudus ?
2. Apakah saudara (-saudara) berjanji di hadapan Allah kita dan Jemaat sebagai saksi-saksi-Nya, bahwa saudara (-saudara) akan menyerahkan diri kepada Allah sebagai orang (-orang) yang dulu mati, tetapi yang sekarang hidup ?
P : …………., apakah jawab saudara-saudara ? (Nama dipanggil satu-persatu)
Calon : YA, DENGAN SEGENAP HATI. AMIN.

P+J : Menyanyi KJ No. 229 (atau KJ No.412;406:1; DSL No.35; 156)

PELAYANAN BAPTISAN (Orang tua dan orang tua Baptisan berdiri)
P : ………….., Aku membaptis engkau dalam nama Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus, Amin. (setiap orang hanya satu kali dibasahi)
P : (sesudah semua calon dibaptis) TUHAN akan menjaga keluar masukmu, dari sekarang sampai selama-lamanya.Amin
P+J : Maz.134:3 (atau KJ No.306:1; 309:1,3; NKB.NO. No.194; 195)

DOA, PEMBACAAN ALKITAB (Jemaat duduk)
Pelsus : Marilah kita berdoa : ………………......................................
Marilah kita membaca Alkitab : …………….........................
Puji-Pujian.
P : Khotbah : ..........................................................................
Puji-Pujian.

PERSEMBAHAN
Pelsus : Marilah kita membawa persembahan syukur kita kepada TUHAN.
Pelsus+J : Menyanyi (KJ No.392; 393; 395; 403)

DOA UMUM (Jemaat duduk)
P : Marilah kita berdoa : ……………………… (diakhiri Doa Bapa Kami)

NYANYIAN PENUTUP (Jemaat berdiri)
P+J : Menyanyi KJ No.406:1 (atau 249:2; 252:1,2; NKB.NO. No.195;)

BERKAT (Jemaat berdiri)
P : Kasih karunia TUHAN Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai saudara sekalian.
J : c = do 2 ketuk

i 7 6 │ 5 . │ i 7 6 │ 5 . │ 3 1 4 3 │ 2 . │1 . │▌

A - min A - min A - min.

SAAT TEDUH

Share this

0 Comment to "Tata Ibadah Pelayanan Orang Dewasa"

Posting Komentar