Selasa, 13 September 2016

Tata Ibadah Btk V ( Oratorium)

TATA IBADAH MINGGU BENTUK V GMIM GETSEMANI PICUAN SATU
MINGGU, 30 JANUARI 2016

PERSIAPAN

MENGHADAP HADIRAT ALLAH
Koor ibadah  
Allah adalah sumber keselamatan Kita. Allah yang menuntun kita melalui hari demi hari kehidupan kita. Allah yang meluputkan kita dari maut dan dosa. Allah yang telah mengaruniakan hari yang indah serta nafas kehidupan bagi kita; sehingga dapat bersekutu sebagai suatu persekutuan jemaat yang beribadah sekarang ini.
Karena itu, marilah, di hari minggu anugerah Tuhan ini, kita beribadah kepada-Nya. Menghadap hadiratnya yang kudus sebagai respon atas segala anugerah-Nya yang melimpah dalam kehidupan kita.
(jemaat berdiri)

Nyanyian jemaat
KJ. 10: 1 DAN 5 “PUJILAH TUHAN, SANG RAJA”
 Pujilah Tuhan, Sang Raja yang Mahamulia!
Segenap hati dan jiwaku, pujilah Dia!
Datang berkaum, brilah musikmu bergaung,
Angkatlah puji – pujian !
Pujilah Tuhan! Hai jiwaku, mari bernyanyi!
Semua mahluk bernafas, iringilah kami!
Puji terus Nama Yang Maha Kudus!
Padukan suaramu: Amin.

P             Haleluyah!
            Pujilah Allah dalam tempat Kudus-Nya!
Pujilah Dia dalam cakrawala-Nya yang kuat!
Pujilah Dia karena segala keperkasaan-Nya!
Pujilah Dia sesuai dengan kebesaran-Nya yang hebat!
Biarlah segala yang bernafas memuji Tuhan.
Haleluayah!  (mazmur 150;1,2,6)
BERSEKUTU DALAM NAMA-NYA
P          Dalam ibadah jemaat, Allah menjumpai manusia atau manusia dapat berjumpa dengan Allah. Oleh sebab itu, hendaklah kita menjaga kekudusan ibadah ini dengan sungguh-sungguh mengarahkan hati, pikiran dan perhatian kita hanya kepada-Nya; Allah yang adalah pencipta alam semesta, termasuk kita manusia di dalamnya.
P         Di dalam nama Allah Bapa, kita bersembah sujud; di dalam nama Kristus Yesus kita memuliakan nama-Nya; di dalam tuntunan Roh Kudus, kita berkarya dan mengabdi.
J          : Amin, ya Amin                                                                           (jemaat dipersilahkan duduk)
PUJI-PUJIAN
P          Tuhan adalah gembala yang baik. Selalu menuntun umat-Nya hari demi hari, serta memberikan jaminan keselamatan dengan pengorbanan-Nya.
Solo “ Tuhan adalah gembalaku” (khusus ibadah pagi)
Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku
Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau
Reff     Ia membimbingku ke air yang tenang, ia menyegarkan jiwaku
Ia menuntunku di jalan yang benar oleh karna nama-Nya
Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman.
Aku tidak takut bahaya; sebab engkau besertaku
Gada-Mu dan Tongkat-Mu; itulah yang menghibur aku. Reff

Nyanyian jemaat; (khusus ibadah malam)
 Kj no 415 “gembala baik bersuling nan merdu”
Gembala baik, bersuling nan merdu,
membimbing aku padaair tenang
dan membaringkan aku berteduh
 di padang rumput hijau berkenan.
O, Gembala itu Tuhanku, membuat aku tent’ram hening.
Mengalir dalam sungai kasihku kuasa damai cerlang, bening.
PENGAKUAN DOSA
P         Dosa adalah kuasa atau tuan yang membelenggu manusia dan mendorong manusia melakukan hal-hal yang jahat di hadapan Allah; dosa selalu menjerat kehidupan manusia. Baik secara sengaja mau pun tidak, manusia seringkali melakukan perbuatan dosa:
Sering dengan perkataan kita, orang lain merasa tersinggung.
Sering dengan perbuatan kita, orang lain merasa dirugikan dan tersakiti
Sering dengan pikiran, kita merancangkan atau memikirkan hal-hal yang jahat.
Perkataan, perbuatan, dan Pikiran kita menyakiti hati Allah. Oleh sebab itu, marilah kita dengan penuh ketulusan hati; datang mengaku dosa di hadapan Allah.

J          Kasihanilah aku, ya Allah, menurut kasih setia-Mu,
Hapuskanlah pelanggaranku menurut kasih setia-Mu,
Hapuskanlah aku seluruhnya dari kesalahanku,
Dan tahirkanlah aku dari dosaku.
Sebab aku sendiri sadar akan pelanggaranku,
Aku senantiasa bergumul dengan dosaku,
Bersihkanlah aku dari pada dosaku dengan hisop,
Maka aku menjadi tahir, basuhlah aku, maka aku menjadi lebih putih dari salju!
(mazmur 51:3,4,5,9)
Solo “seperti bulu domba” (khusus ibadah pagi)
Tak Kau lupakan diriku
Kau ingat ku adalah debu,
tetapi Kau meninggikannya
dihadapan malaikatMu

Tak Kau hapuskan namaku
dari kitab kehidupanMu,
Kau tak malu mengakuinya
dihadapan Bapa
Kau Allah yang tiada mengingat lagi
segala kesalahanku yang telah Engkau ampuni
Walau dosaku merah bak kain kesumba
Engkau menjadikanku putih seperti bulu domba
Nyanyian Jemaat            (Khusus Ibadah Malam)
KJ. 39 ‘KU DIBERI BELAS KASIHAN
‘Ku diberi belas kasihan, walau tak layak hatiku;
tadi ‘ku angkuh, kini heran: Tuhan, besarlah rahmatMu!
Kidung imanku bergema: rahmatMu sungguh mulia,
Kidung imanku bergema: rahmatMu sungguh muliia!
JAMINAN-NYA MENGUATKAN
P          Jemaat yang dikasihi dan diberkati Tuhan, berbahagialah semua orang yang duduk dalam lindungan Allah serta berteduh dan berseru kepada-Nya. Sebab, dalam mazmur 91:15-16, pemazmur mengungkapkan kesaksian imannya tentang jaminan Allah yang menyatakan bahwa “orang yang duduk dalam lindungan Allah yang maha tinggi dan yang berteduh dalam naungan yang mahakuasa lalu berseru kepada-Nya, akan di jawab; Aku akan menyertai dia dalam kesesakkannya, aku akan meluputkannya dan memuliakannya, dengan panjang umur akan ku kenyangkan dia dan akan kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari pada-Ku.
RESPON JEMAAT ATAS KASIH KARUNIA ALLAH
J          TUHAN, jadikanlah aku pembawa DAMAI.
Bila terjadi kebencian, jadikanlah aku pembawa cinta kasih.
            Bila terjadi penghinaan, jadikanlah aku pembawa pengampunan.
Bila terjadi perselisihan, jadikanlah aku pembawa kerukunan.
Bila terjadi kesesatan, jadikanlah aku pembawa kebenaran.
Bila terjadi kebimbangan, jadikanlah aku pembawa kepastian.
Bila terjadi keputus-asaan, jadikanlah aku pembawa harapan.
Bila terjadi kegelapan, jadikanlah aku pembawa terang.
            Bila terjadi kesedihan, jadikanlah aku pembawa sukacita. (doa Fransiskus dari Asisi)
P          Semoga Tuhan memampukan dan menolong kita melakukan hal ini. Amin
             Nyanyian jemaat KJ no 299 “bersyukur kepada Tuhan”
Bersyukur kepada Tuhan, bersyukur kepada Tuhan sebab
Ia baik. Bersyukur kepada Tuhan.
MEMOHON TUNTUNAN ALLAH
P          Mari kita berdoa:
Tuhan Allah, pelita hidup kami,
Sinarilah kami dengan firman-Mu
Karena firman-Mu adalah pelita hidup kami
Dan suluh pada jalan kami
Tuntunlah kami oleh Roh-Mu yang Kudus,
Agar kami dapat memahami kehendak-Mu
Dan menjalani hidup kami sesuai maksud-Mu, Amin.

PEMBACAAB FIRMAN TUHAN
MAZMUR 68:20-36
Puji-Pujian Jemaat
P          Puji-pujian adalah respon umat atas kasih karunia Allah yang besar. Tanda ucapan syukur jemaat kepada Tuhan. Hendaklah puji-pujian diatur, disiapkan  dan ditata dengan baik karena bukan untuk manusia melainkan untuk kemuliaan Allah.
REFLEKSI/ KHOTBAH
Puji-pujian jemaat
PEMBERIAN TERBAIK
P          Berilah yang terbaik kepada Allah, karena Allah telah terlebih dahulu memberikan yang terbaik dalam kehidupan kita. Tapi ingatlah, pemberian kita kepada Allah bukan untuk membalas pemberian Allah pada kita, namun sebagai respon atas pemberian Allah itu. Marilah kita membawa persembahan syukur kita pada-Nya dengan penuh ketulusan hati sambil berusaha untuk mempersembahkan kehidupan kita untuk pelayanan gereja.
Nyanyian jemaat NKB no 199 “sudahkah yang terbaik ku berikan”
Sudahkah yang terbaik-ku berikan
Kepada YESUS TUHAN-ku?
Besar pengurban-NYA di Kalvari!
Diharap-NYA terbaik dari ku
<refrein>             Berapa yang terhilang t’lah ku cari
Dan ku lepaskan yang terbelenggu?
Sudahkah yang terbaik-ku berikan
Kepada YESUS TUHAN-ku?
Begitu banyak waktu yang terluang
Sedikit ku b’ri bagi-NYA
Sebab kurang kasih-ku pada YESUS
Mungkinkah hancur pula hati-NYA? (reff)
Telah ku perhatikankah sesama
Atau ku biarkan tegar?
‘Ku patut menghantarnya pada KRISTUS
Dan kasih TUHAN harus ku sebar (reff)
‘Ku tak ma-u lebih lama dalam jurang
Ku panjat dindingnya terjal
Duni-a yang ‘kan binasa memerlukan
Berita kasih ALLAH yang kekal (reff)

DOA SYUKUR
DOA SYAFAAT
Tembang tekad  (Jemaat Berdiri)


NKB No. 201 DI JALAN HIDUPKU
Di hidupku ‘ku ada sobat yang setia,
yang s'nantiasa berjalan sertaku;
masa gelap dibuatNya terang ceria,
itulah Yesus, Jurus'lamatku.
Refrein            ‘Ku tak cemas ‘kan jalan yang naik turun
lewat lembah dan gunung yang terjal;
sebab Tuhan berjalanlah di sampingku,
memimpinku ke neg'ri yang kekal.

O kasihNya besarlah tiada taranya,
dengan rela Dia mati bagiku;
kepadaNya 'ku s'rahkan jiwa dan raga,
sejak itu Dia bimbingku s'lalu.

BERKAT
P              Pergilah dengan selamat dan terimalah berkat Tuhan;
                Pergilah dengan sejahtera umat Tuhan
                Pergilah dengan damai menurut kasih Tuhan.
J              Amin. Amin. Amin.

Share this

0 Comment to "Tata Ibadah Btk V ( Oratorium)"

Posting Komentar